Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Aksara Jawa dengan Menggunakan Metode TANDUR Siswa Kelas X TKR 1 SMK Bina Karya 2 Karanganyar Kebumen

Mas rifah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penerapan keterampilan membaca teks aksara Jawa dengan menggunakan metode TANDUR; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca teks aksara Jawa dengan menggunkan metode TANDUR siswa kelas X TKR 1 SMK Bina Karya 2 Karanganyar Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1.Objek penelitian adalah keterampilan siswa dalam membaca teks aksara Jawa dengan menggunakan metode TANDUR dengan media kartu kata. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes.Teknik tes yang digunakan yaitu soal uraian membaca teks aksara Jawa, nontes terdiri dariobservasi, angket, dan dokumentasi foto.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian ini adalah validitas isi dan reliabilitas antar rater. Penerapan pembelajaran membaca dengan metode TANDUR meliputi: prasiklus, yaitu hasil membaca teks aksara Jawa siswa untuk mengetahui kemampuan awal siswa;siklus I, berisi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi; siklus II merupakan kelanjutan dan perbaikan dari siklus I.Dari hasil tes prasiklus terlihat persentase ketuntasan sebesar 50% meningkat menjadi 75% pada siklus I dengan peningkatan sebesar 25%. Setelah dilakukan dengan siklus II persentase ketuntasan mencapai 100% dengan peningkatan sebesar 25% dari siklus I.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode TANDUR mampu meningkatkan keterampilan membaca teks aksara pada siswa kelas TKR 1 SMK Bina Karya 2 Karanganyar Kebumen.

 

Kata kunci: membaca aksara Jawa, metode TANDUR


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.