Analisis Campur Kode dan Alih Kode dalam Iklan Radio Citra FM Kabupaten Wonosobo pada Bulan April Tahun 2015

Antika Indra Hafari

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah (1) mendeskripsikan bentuk campur kode yang berupa kata, frasa, pengulangan kata, baster, dan klausa dalam  tuturan iklan radio Citra FM Kabupaten Wonosobo pada bulan April 2015, dan (2) mendeskripsikan bentuk alih kode yang berupa alih kode antarbahasa dan alih kode antartingkat tutur dalam iklan radio Citra FM Kabuparen Wonosobo pada bulan April 2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah berupa seluruh tuturan dalam iklan radio Citra FM Kabupaten Wonosobo pada bulan April 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik rekam yang dibantu dengan tape recorder/sound recorder, serta teknik catat pada kartu data. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama, dengan menggunakan bantuan alat berupa tape recorder/sound recorder, nota pencatat data beserta alat tulisnya, serta laptop. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas atau kepercayaan terhadap hasil penelitian dengan cara meningkatkan ketekunan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis wacana. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal. Hasil penelitian yang ditemukan adalah, pertama wujud Campur kode dalam tuturan iklan Radio Citra FM Kabupaten Wonosobo pada bulan April 2015 ditemukan 53 peristiwa campur kode. a) Peristiwa campur kode yang berwujud kata 39 buah kata, b) Peristiwa campur kode yang berwujud frasa 7 buah frasa, c) Peristiwa campur kode yang berwujud pengulangan kata 3 buah perulangan kata, d) Peristiwa campur kode yang berwujud baster 2 buah baster, dan e) Peristiwa campur kode yang berwujud klausa 2 buah klausa, yang kedua wujud Alih kode dalam tuturan iklan Radio Citra FM Kabupaten Wonosobo pada bulan April 2015 ditemukan 7 peristiwa alih kode, yaitu 6 buah bentuk alih kode antarbahasa dan 1 buah bentuk alih kode antartingkat tutur.

 

Kata Kunci :  campur kode dan alih kode, iklan radio


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.