Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Cerita Ketoprak dengan Metode Role Playing Kelas VII A SMP N 21 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014

Arfan Sukoco

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Mendiskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode role playingpada materi membaca (cerita ketoprak) peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 21 Purworejo; (2) Mendiskripsikanpeningkatan aktivitas belajar membaca cerita pada peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 21 Purworejo setelah melakukan pembelajaran dengan metode role playing; (3) Memaparkan peningkatan peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 21 Purworejo setelah melakukan pembelajaran dengan metode role playing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar unjuk kerja lisan catatan dan lembar observasi harian siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan membaca siswa sebelum penelitian adalah 58,3 dengan ketuntasan 8,6%. Pada siklus I rata-rata keterampilan membaca siswa mengalami peningkatan menjadi 66,5 dengan ketuntasan 25,7%. Pada siklus II rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 77,4 dengan ketuntasan 94,3%, selain itu ada peningkatan aktivitas siswa dari siklus I yaitu 53,6% menjadi 82,14% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode role playingdapat meningkatkan keterampilan membaca cerita ketoprak kelas VII A SMP 21 Purworejo.

 

Kata kunci: metode role playing, keterampilan membaca, aktivitas belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.