Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Wacana Berhuruf Jawa Menggunakan Media Pembelajaran Macromedia Flash pada Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca wacana berhuruf jawa menggunakan media pembelajaran macromedia flash; (2) untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca wacana berhuruf jawa menggunakan media pembelajaran macromedia flash. Jenis penelitian ini ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research ). Waktu penelitian bulan November 2014 dan akan dilaksanakan di SMK N 1 Wonosobo tahun ajaran 2014/2015 Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan guru bahasa Jawa kelas XI Akuntansi 1 SMK N 1 Wonosobo tahun ajaran 2014/ 2015. Adapun Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 SMA N 1 Wonosobo tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes. Instrumen dalam penelitian ini ada dua yaitu tes dan non-tes. Data penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) digunakannya Macromedia Flash aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Meningkat dari pra siklus yang belum digunakan media Macromedia Flash atau masih menggunakan metode konvensional berupa ceramah dan mendengarkan sebesar 40%, adapun pada siklus I, yaitu setelah digunakannya Macromedia Flash meningkat sebesar 76,6% kemudian masih menggunakan Macromedia Flash tetapi sudah melalui perbaikan dari siklus I meningkat kembali menjadi 93,3% pada siklus II, sedangkan untuk aktifitas guru juga meningkat dari pra siklus yang sebesar sebesar 40%, siklus I yaitu setelah digunakannya Macromedia Flash meningkat sebesar 80 % kemudian masih menggunakan Macromedia Flash tetapi sudah melalui perbaikan dari siklus I meningkat kembali menjadi 100% pada siklus II. (2) Dengan digunakannya Macromedia Flash, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK N 1 Wonosobo, pada aspek keterampilan membaca wacana berhuruf Jawa tahun ajaran 2014/2015. Kegiatan pra siklus diperoleh mean sebesar 65,03, median 64, modus 72 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 32,26% meningkat menjadi sebesar 73,68 meannya, median 72, modus 72 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 67,74%. Pada siklus II meningkat menjadi 78,84 mean, 80 median, modus adalah 76 dengan persentase ketuntasan sebesar 83,87%.
Kata kunci: membaca, wacana huruf Jawa, media Macromedia Flash, XI
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.