Analisis Prinsip Kesantunan Tuturan Berbahasa Jawa Siswa SMP Negeri 33 Purworejo

Asti Listiandani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pematuhan prinsip kesantunan tuturan berbahasa Jawa siswa SMP Negeri 33 Purworejo, dan (2) pelanggaran prinsip kesantunan tuturan berbahasa Jawa siswa SMP Negeri 33 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian berupa tuturan berbahasa Jawa yang mengandung kesantunan berbahasa dan ketaksantunan berbahasa yang disebabkan pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan. Sumber data penelitian ini adalah tuturan siswa SMP Negeri 33 Purworejo di lingkungan sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode simaktidak libat cakap danteknik catat sebagai teknik lanjutan dengan peneliti sendiri sebagai human instrumen yang dibantu dengan penggunaan kartu data. Analisis data menggunakan metode padan dengan daya pilah pragmatis (pragmatic competence individing) dan hasil analisis data dipaparkan menggunakan metode informal.Hasil penelitian ini adalah: (1) pematuhan prinsip kesantunan tuturan berbahasa Jawa siswa SMP Negeri 33 Purworejo meliputi pematuhan bidal ketimbangrasaan terdiri dari 6 bidal, bidal kemurahatian terdiri dari 9 bidal, bidal keperkenanan terdiri dari 6 bidal, bidal kesimpatian terdiri dari 3 bidal, dan bidal kesetujuan terdiri dari 3 bidal; (2) pelanggaran prinsip kesantunan meliputi pelanggaran bidal ketimbangrasaan terdiri dari 2 bidal, bidal kerendahatian terdiri dari 6 bidal, bidal kesetujuan terdiri dari 9 bidal , dan bidal kesimpatian terdiri dari 3 bidal.

 

Kata kunci: prinsip kesantunan, tuturan berbahasa Jawa, siswa SMP


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.