Kesiapan Perangkat Pembelajaran di Kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014

Deny Indah Widyastuti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Kesiapan Silabus Guru di Kelas XI  SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014; (2) Kesiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru di Kelas XI  SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran  2013/2014; (3) Kesiapan Metode Pembelajaran Guru di Kelas XI SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari semua guru di kelas XI SMK N 4 Purworejo. Hasil wawancara dengan  guru bahasa Jawa, Waka siswa dan Kepala Sekolah sebagai narasumber yang dianggap memiliki wawasan luas serta didukung dengan kajian pustaka yang berkaitan erat dengan topik penelitian. Tempat penelitian berada di SMK N 4 Purworejo. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik (1) dokumentasi, dan (2) non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian kesiapan perangkat pembelajaran guru di SMK N 4 Purworejo menunjukkan bahwa: (1) Kesiapan Silabus Guru di Kelas XI SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014 dikategorikan sedang dengan frekuensi terbanyak yakni sebanyak 17 guru (2) Kesiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru di Kelas XI SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014 dikategorikan sedang dengan frekuensi terbanyak yakni sebanyak 16 guru (3) Kesiapan Metode Pembelajaran Guru di Kelas XI  SMK N 4 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014 dikategorikan sedang yakni sebesar 18 guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum kesiapan perangkat pembelajaran guru di kelas XI  SMK Negeri 4 Purworejo dikategorikan sedang terlebih dilihat dari silabus, dan RPP.

 

Kata kunci : Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.