Analisis Kesalahan Menulis Aksara Jawa pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah KebumenTahun Pelajaran 2013/2014

Sri Widyaningsih

Abstract


Abstrak: Penelitian ini betujuan penelitian ini untuk mengungkap: (1) mendeskripsikan kesalahan dalam pemakaian Sandhangan; (2) mendeskripsikan kesalahan dalam pemakaian aksara rekan; (3) mendeskripsikan kesalahan dalam pemakaian tanda baca; (4) Mendeskripsikan kesalahan dalam pemakaian angka;  (5) mendeskripsikan kesalahan dalam pemakaian pasangan; (6) mendeskripsikan kesalahan dalam pemakaian aksara murda dalam penulisan aksara Jawa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah Kebumen. Objek penelitian ini ialah analisis kesalahan menulis aksara Jawa pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah Kebumen. Teknik pengumpulan data teknik tes berupa instrumen tes, sedangkan teknik nontes berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk mengelola data-data berupa kalimat penulisan aksara Jawa yang mengalami kesalahan. Teknik  penyajian data menggunakan teknik penyajian informal. Hasil penelitian dalam penelitian ini,bahwa kesalahan penulisan sandhangan yaitu sebanyak (106) 14,72%, kesalahan penulisan aksara rekan (31) 8,61%, kesalahan penulisan tanda baca yaitu sebanyak (25) 10,41%, kesalahan penulisan angka yaitu sebanyak (29) 12,08%, kesalahan penulisan pasangan yaitu sebanyak (43) 11,94%, kesalahan penulisan aksara murda yaitu sebanyak (130) 27,08%. Hasil komulatif analisis kesalahan penulisan aksara Jawa pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 yaitu sebanyak 84,84% dikategorikan baik.

 

Kata kunci: menulis aksara Jawa, kesalahan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.