Analisis Wacana Iklan Layanan Masyarakat Berbahasa Jawa Kabupaten Kebumen

Galuh Windyasmara Brillyanti

Abstract


 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tindak tutur pengungkap implikatur yang terdapat dalam wacana iklan layanan masyarakat berbahasa jawa kabupaten Kebumen; (2) implikatur yang terdapat dalam wacana iklan layanan masyarakat berbahasa Jawa kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa wacana iklan layanan masyarakat berbahasa Jawa kabupaten Kebumen. Data penelitian ini meliputi kata atau kalimat yang terdapat dalam wacana iklan layanan masyarakat kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik dokumentasi, teknik pustaka dan teknik simak catat. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument) dibantu dengan kartu data. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif. Teknik penyajian hasil analisis ini dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tindak tutur yang merupakan pengungkap implikatur yaitu terdiri atas; (1) tindak tutur lokusi; (2) tindak tutur ilokusi; (3) tindak tutur perlokusi. Tindak lokusi merupakan tindak yang menyatakan sesuatu. Tindak ilokusi ditemukan tindak tutur memesan, melarang, menyemangati, menghimbau. Tindak perlokusi ditemukan tindak tutur meyakinkan menganjurkan, memerintahkan, mempengaruhi dan mengajak. Pemakaian implikatur digunakan sebagai dasar kritikan, sindiran yang disampaikan secara tidak langsung.

 

Kata kunci: pragmatik, iklan layanan masyarakat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.