PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA GEGURITAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA KELAS VII MTS AT-TAUHID JAGAMERTAN KEBUMEN

Tri Laili Nugrahaeni

Abstract


Abstrak: Permasalahan yang diteliti dalam masalah ini adalah : (1) bagaimana penerapan pembelajaran  membaca  Geguritan  melalui model pembelajaran kooperatif Reciprocal Teaching pada siswa kelas VII MTs At-Tauhid Jagamertan. (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca geguritan melalui model pembelajaran kooperatif Reciprocal Teaching pada siswa kelas VII MTS At-Tauhid Jagamertan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah membaca merupakan suatu proses yang bersangkut paut dengan bahasa model pembelajaran kooperatif Reciprocal Teaching adalah model pengajaran yang dirancang untuk membantu siswa menerapkan strategi-strategi tertentu dalam memahami teks bacaan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan guru bahasa Jawa MTS At-Tauhid Jagamertan. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca geguritan  sesuai unggah – ungguh basa Jawa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil tes membaca geguritan dengan presentase kemampuan awal sebesar 15,38%, siklus I sebesar 69,32 dan siklus II sebesar 85,71. Peningkatan kemampuan membaca geguritan juga terlihat dari peningkatan rata-rata presentase setiap indicator kemampuan membaca geguritan siswa dari siklus I kesiklus II sebagai berikut: (1) Pelafalan dalam membaca geguritan dari siklus I kesiklus II meningkat sebesar 30,77%, (2)Intonasi dalam membaca geguritan dari siklus I kesiklus II meningkat sebesar 8,24%, dan (3) Ekspresi dalam membaca geguritan dari siklus I kesiklus II tetap.

 

Kata-kata kunci: Reciprocal Teaching, keterampilan Membaca Geguritan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.