PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF BERHURUF JAWA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 2 BUAYAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Nur wahidah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)Langkah–langkah pembelajaran menulis paragraf sederhana berhuruf Jawa menggunakan media kartu bergambar Wayang pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Buayan; (2) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Berhuruf Jawa Menggunakan Media Kartu Bergambar pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Buayan.Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Buayan pada bulan November 2013 dengan subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 36 siswa dan objek penelitiannya adalah menulis paragraf sederhana berhuruf Jawa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik test yaitu test tertulis berupa soal uraian, dan teknik nontest berupa observasi, jurnal, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini meliputi langkah-langkah pembelajaran menggunakan media kartu bergambar dan peningkatan hasil belajar menggunakan media kartu bergambar. Langkah–langkah penelitian tindakan kelas yang dilakukan adalah perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan, pengamatan (Observing), refleksi (Reflecting). Pada tahap perencanaan, peneliti menyiapkan rancangan tindakan berupa menyusun RPP, menyiapkan instrumen berupa soal test, lembar observasi dan lembar jurnal, menyiapkan media. Pada tahap Pelaksanaan, guru melakukan pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan media pembelajaran berupa kartu bergambar Wayang dengan langkah–langkah pelaksanaan adalah tahap pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Tahap selanjutnya yakni observasi, pada tahap ini dilaksanakan bersamaan dengan tahap pelaksanaan, saat pelaksanaan tindakan guru juga melakukan observasi dengan memperhatikan perilaku siswa saat mengikuti pembelajaran. Tahap terakhir adalah refleksi, pada tahap ini guru menganalisis hasil penelitian yang diperoleh. Data tes dan nontes dianalisis untuk mengetahui hasil penelitian pada masing–masing siklus. Hasil penelitian menggunakan media kartu bergambar Wayang dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis paragraf sederhana berhuruf Jawa pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Buayan. Nilai rata – rata hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 54,27 dan pada siklus I sebesar 75,19 atau mengalami peningkatan sebesar 38,54%. Pada siklus II rata–rata siswa sebesar 85,44 atau mengalami peningkatan sebesar 13,62 % dari siklus I.

 

Kata Kunci: Menulis, Media Kartu bergambar, Aksara Jawa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.