PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS VIDEO ANIMASI TUTOIAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif berbasis video animasi tutorial terhadap keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN I Nglayang yang berjumlah 25 siswa dan SDN 2 Nglayang yang berjumlah 20 siswa. Siswa kelas IV SDN I Nglayang diberi perlakuan dengan menggunakan media interaktif berbasis video animasi tutorial dan SDN 2 Nglayang tidak diberi perlakuan (media konvensional). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes objektif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan uji t. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa, nilai tobs adalah 3,47 sedangkan ttabel adalah 2,0167. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tobs > ttabel maka H₀ ditolak dan H1 diterima, sehingga hasil keterampilan menulis siswa yang diajar dengan menggunakan media interaktif berbasis video animasi tutorial lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan media konvensional. Hasil penelitian tersebut menunjjukkan bahwa media interaktif berbasis video animasi tutorial berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: Media Interaktif dan Keterampilan Menulis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/jpd.v1i1.6563
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Prodi Pendidikan Guru Sekolah, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, Email : pgsdumpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.