ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI POJOK BACA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Melalui pojok baca siswa diharapkan sering membaca untuk mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat setelah melakukan kegiatan di pojok baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca SDN Dinden 1 melalui pojok baca. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas 5 SDN Dinden 1. Di mana pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan selama penelitian. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan analisis data yang didapatkan selama proses penelitian yaitu siswa cukup aktif dalam pembiasaan membaca di pojok baca tetapi ada beberapa siswa yang kurang dalam pembiasaan membaca. Banyak siswa yang keterampilan membacanya meningkat sejak adanya pojok baca.
Kata Kunci: Keterampilan Membaca dan Pojok Baca
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/jpd.v1i1.6562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Prodi Pendidikan Guru Sekolah, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, Email : pgsdumpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.