PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING SERTA PENGARUHNYA TERHADAP METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR

Ivayuni Listiani

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan Mind Mapping terhadap metakognisi dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Univeritas PGRI Madiun yang berjumlah 34 mahasiswa kelas 3D sebagai kelas eksperimen dan kelas 3F sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian menggunakan desain True Experimental Design. Jenis penelitian ini yaitu Posttest-Only Control Design. Desain ini merupakan salah satu desain yang paling sederhana dalam eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan test. Analisis data menggunakan metode statistik uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji t metakogisi diperoleh t hitung = 2,320 dengan α = 0,05 dan t tabel = 1,686. Analisis hasil belajar diperoleh t hitung = 5,104 dengan α = 0,05 diperoleh t tabel = 1,686. Keduanya berarti t hitung = 5,104 dan t hitung = 2,320 > t tabel = 1,686. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara mahasiswa yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PjBL berbantuan Mind Mapping dibandingkan dengan menggunakan konvensional. Kata Kunci: Project Based Learning, Mind Mapping, Metakognisi, dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/jpd.v1i1.6561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Prodi Pendidikan Guru Sekolah, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, Email : pgsdumpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494


Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.