INOVASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DI SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bahwa model pembelajaran kontekstual berpengaruh prestasi belajar siswa dan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV di SDN Purwosari 01, Kabupaten Ngawi. Penelitian eksperimen ini menggunakan tipe nonequivalent control group design. Jumlah populasi 40 siswa. Sampel menggunakan teknik random sampling, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel, yakni 20 siswa kelas IV SDN Purwosari 01 sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas IV di SDN Purwosari 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi. Hasil penelitian menjelaskan model pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan keterampilan menulis narasi kelas IV. Dari hasli uji t diketahui bahwa thitung 4,217 > ttabel 2,093. Artinya, hipotesis diterima. Selain itu, nilai rata-rata tes hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual yaitu sebesar 85 lebih tinggi dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang mencapai nilai rata-rata 71,25. Jadi, ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap prestasi belajar siswa menulis narasi di sekolah dasar.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Prestasi Belajar, dan Keterampilan Menulis Narasi
Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bahwa model pembelajaran kontekstual berpengaruh prestasi belajar siswa dan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV di SDN Purwosari 01, Kabupaten Ngawi. Penelitian eksperimen ini menggunakan tipe nonequivalent control group design. Jumlah populasi 40 siswa. Sampel menggunakan teknik random sampling, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel, yakni 20 siswa kelas IV SDN Purwosari 01 sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas IV di SDN Purwosari 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan observasi. Hasil penelitian menjelaskan model pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan keterampilan menulis narasi kelas IV. Dari hasli uji t diketahui bahwa thitung 4,217 > ttabel 2,093. Artinya, hipotesis diterima. Selain itu, nilai rata-rata tes hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual yaitu sebesar 85 lebih tinggi dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang mencapai nilai rata-rata 71,25. Jadi, ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap prestasi belajar siswa menulis narasi di sekolah dasar.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Prestasi Belajar, dan Keterampilan Menulis Narasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37729/jpd.v1i1.6560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Prodi Pendidikan Guru Sekolah, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, Email : pgsdumpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.